Header Ads Widget

Ticker

8/recent/ticker-posts

Macam - Macam Perangkat Input dan Fungsi serta Contohnya Perangkat Input dan Fungsi serta Contohnya

 Perangkat input atau perangkat masukan adalah peralatan komputer yang digunakan untuk mengirim data ke komputer sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan komputer.

Perangkat input yang paling sering digunakan pada komputer adalah papan ketik (keyboard) dan tetikus atau mouse.


Namun, sebenarnya ada puluhan perangkat input lain yang juga bisa digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer.

Nah, pada artikel ini, kita akan sama-sama membahas tentang macam-macam perangkat input dan fungsinya.

1. Keyboard komputer
17 Macam Perangkat Input dan Fungsi serta Contohnya
Keyboard

Keyboard adalah salah satu perangkat input utama yang digunakan untuk mengetik dan memasukan perintah kedalam komputer. Bentuk dan tombol keyboard hampir sama dengan mesin tik jaman dahulu. namun keyboard komputer memiliki tombol tombol yang lebih lengkap.

Dengan adanya Keyboard, Anda dapat memasukkan huruf, angka, dan simbol lainnya ke dalam komputer yang dapat berfungsi sebagai perintah atau digunakan untuk mengetikkan teks.


2. Mouse komputer
Perangkat Input dan Contohnya
Mouse

Mouse adalah perangkat input yang dapat di genggam. Mouse berfungsi untuk yang mengendalikan kursor dan dapat bergerak memilih teks, ikon, file, dan folder .

Untuk komputer desktop, mouse ditempatkan pada permukaan yang rata seperti alas mouse atau meja dan diletakkan di depan komputer.

Baca juga: Jenis Jenis Mouse Komputer

3. TouchPad
Perangkat Input dan Gambarnya
Touchpad

Touchpad adalah perangkat input pada laptop dan beberapa keyboard untuk memindahkan kursor dengan jari Anda. Touchpad bisa anda gunakan sebagai pengganti mouse eksternal.

Touchpad dioperasikan dengan menggunakan jari. Saat Anda menggerakkan jari Anda kepada permukaan, kursor mouse bergerak ke arah yang sama.

Seperti kebanyakan mouse komputer, touchpad juga memiliki dua tombol permukaan sentuh yang memungkinkan untuk meng klik kiri atau klik kanan.

4. Stylus
Perangkat Input dan Fungsinya
Stylus
Stylus adalah perangkat input yang berbentuk pena yang digunakan pada tablet atau monitor layar sentuh. Stylus dapat anda gunakan untuk menulis, menggambar pada permukaan layar sentuh.
Tidak seperti pena, stylus memiliki tip plastik atau felt.

5. Barcode Reader
Macam macam perangkat input dan gambarnya
Barcode Reader

Barcode adalah perangkat input yang sering digunakan untuk membantu mengatur dan mengindeks informasi atau harga suatu barang. Barcode juga sering digunakan oleh layanan pengiriman POS sehingga dapat membantu dan mempercepat pengiriamn surat.

6. Biometrik
Perangkat input dan contohnya beserta gambarnya
Biometric

Biometrik adalah perangkat input yang digunakan untuk mengidentifikasi seseorang dengan pengukuran fitur biologis nya. Bila dibandingkan dengan kata sandi, jenis sistem ini jauh lebih sulit dipalsukan karena unik untuk orang tersebut.

Biometrik biasa digunakan untuk sistem keamanan, jika kita sering melihat film-film action holywood anda akan melihat biometric dalam berbagai jenis. Seperti pemindah suara, pemindai mata, pemindai sidik jari, dll.

7. Gamepad
Macam perangkat input dan fungsinya
Gamepad

Gamepad adalah perangkat periferal yang dihubungkan ke komputer atau sistem konsol game.
Gamepad memiliki beberapa tombol tergantung dari jenisnya.  Game pada bisa digunakan untuk bermain video game.

Gamepad pertama diperkenalkan pada tahun 1985, pertama oleh Nintendo, kemudian oleh Sega.

8. Joystick
Perangkat Input

Joystick adalah perangkat input yang dapat anda gunakan untuk mengendalikan karakter atau mesin dalam program komputer, seperti pesawat terbang di simulator penerbangan. Joystik hampir sama dengan perangkat kontrol lainnya.

Joystick pertama ditemukan di Laboratorium Penelitian Angkatan Laut AS oleh CB Mirick dan dipatenkan pada tahun 1926 .

9. Steering Wheel
Perangkat input dan fungsi serta contohnya
Streering Wheel

Steering Wheel atau Kemudi adalah perangkat yang digunakan dalam permainan balap atau program penggerak. Perankat ini dihubungkan melalui USB, biasanya mencakup perangkat akselerasi dan pedal rem; Beberapa bahkan termasuk mekanisme untuk menggeser gigi.

10. Microsoft Kinect
Contoh perangkat input
Kinect

Microsoft memperkenalkan perangkat Kinect untuk Xbox 360, dengan menggunakan Kinect anda dapat bermain game dengan menggerakan badan anda.

11. Scanner
Contoh Perangkat Input
Scanner

Scanner adalah perangkat keras komputer input yang secara optik "membaca" gambar dan mengubahnya menjadi sinyal digital. Scanner dapat digunakan untuk mengubah gambar atau dokumen tercetak ( hard copy ) ke dalam file digital yang dapat diedit kembali di komputer.

12. Webcam
Perangkat Input
webcam

WebCam adalah perangkat input yang dihubungkan ke komputer dan Internet untuk menangkap gambar diam atau gerak pengguna dan objek lainnya. Saat ini, sebagian webcam sudah di tersedua di dalam laptop. Atau anda juga bisa membeli webcame terpisah dan di hubungkan ke port USB komputer.

13. Tablet Pena
Contoh perangkat input
Tablet Pena

Tablet pena adalah perangkat input yang biasa digunakan seorang seniman untuk menggambar atau membuat sketsa secara digital menggunakan pena atau stylus.

15. Light Pen (Pena cahaya)
Contoh perangkat masukan
Light Pen

Pena Cahaya adalah perangkat input yang dapat digunakan untuk menunjuk, memilih dan mengubaj teks pada layar datar.

16. Microphone
17 Macam Perangkat Input dan Fungsi serta Contohnya
mic

Mikrofon komputer terkadang disingkat mic adalah perangkat masukan yang di ciptakan pertama kali oleh Emile Berliner pada tahun 1877. Dengan menggunakan microfont anda memasukkan audio suara kedalam komputer.

17. Yoke
contoh perangkat input
Perangkat Input

Yoke adalah perangkat masukan yang digunakan untuk permainan komputer, seperti permainan simulasi penerbangan, yang memungkinkan pemain terbang, naik, mundur dengan menarik atau mendorong perangkat tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar