Header Ads Widget

Ticker

8/recent/ticker-posts

Mengenal Canva, Kegunaan, dan Tutorial

 Memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan dari 190 negara, Canva menjadi salah satu situs paling populer di dunia. Situs Canva.com bahkan menduduki peringkat nomor 1 sebagai situs paling banyak diakses di internet (untuk kategori Graphics Multimedia and Web Design). Mulai dari perseorangan, bisnis kecil hingga perusahaan-perusahaan besar, banyak yang menggunakan Canva untuk berbagai kebutuhan dan proyek desain. 



Apa itu Canva?

Canva adalah alat desain grafis online yang bisa digunakan untuk membuat berbagai konten visual seperti poster, logo, CV, infografis, dan lain-lain. Sebagai pioner alat desain berbasis web, Canva adalah alat yang sangat praktis dan memudahkan semua orang membuat desain secara online dan mempublikasikannya dari mana pun. Dapat digunakan di berbagai perangkat, Canva dapat diakses melalui laptop maupun HP dalam versi aplikasi maupun browser (Canva.com).

Sejak diluncurkan tahun 2013, Canva memiliki tujuan untuk menyederhanakan hal yang kompleks. Dulu, membuat desain membutuhkan proses yang cukup rumit dan waktu yang lama. Canva kemudian hadir menyediakan berbagai desain siap pakai (template) yang dapat diedit dengan cepat dan mudah.

Kelebihan Canva

Selain menyediakan ribuan template profesional, Canva memiliki banyak kelebihan dibanding dengan alat desain lainnya. Di antara kelebihan Canva adalah:

  • Canva memiliki jutaan elemen desain yang bisa dimodifikasi ukuran dan warnanya.
  • Canva mengakuisisi pixabay dan pexels pada 2019. Ini menjadikan perpustakaan foto dan gambar di Canva begitu melimpah. 
  • Canva juga telah mengakuisisi kalideo.ai dan smartmockups pada 2021 sehingga pengguna Canva dapat menghapus background foto dan video, membuat mockup desain, dll cukup di satu tempat.
  • Canva memungkinkan kita mempublikasikan desain dalam bentuk presentasi, link prototipe, link template, dll. Keunggulan ini belum dimiliki oleh alat desain grafis lainnya.

Fungsi dan Kegunaan Canva:

Dengan berbagai fitur yang tersedia, Canva memiliki banyak sekali kegunaan. Baik untuk kebutuhan personal maupun industri, Canva merupakan alat desain yang sangat bermanfaat dan serbabisa. Berikut adalah di antara fungsi dan kegunaan Canva.

1. Membuat desain Cepat berkualitas

Kegunaan Canva yang pertama adalah kita dapat membuat desain dengan cepat menggunakan template profesional di Canva. Canva menyediakan ratusan ribu template desain poster, logo, CV, infografis, kartu nama, undangan, dan template lainnya yang bisa diedit dengan mudah. Desain yang dibuat di Canva dapat diunduh dengan berbagai ukuran dan dalam berbagai format; JPEG, PNG, PDF siap cetak, bahkan dalam format Vektor SVG.

2. Membuat Tipografi

Untuk membuat desain tipografi, Kita tidak perlu lagi lelah menginstall banyak font satu persatu. Sudah terdapat ribuan font berkualitas siap pakai di Canva. Pengguna bisa menambahkan sejumlah teks pada halaman editor Canva untuk membuat tipografi. Basic shapes (bentuk dasar) dan elemen desain yang tersedia juga bisa dimanfaatkan untuk hasil desain tipografi yang memuaskan.  

3. Menyimpan proyek dan portofolio

Kegunaan Canva berikutnya adalah sebagai tempat penyimpanan berbagai proyek desain. Canva memiliki sistem penyimpanan online yang rapi. Pengguna Canva dapat menyimpan proyek desain, foto, dll dalam folder Canva yang bisa diatur dengan mudah. 

Bagi yang memiliki mobilitas tinggi, mengunakan Canva dapat memudahkan mengerjakan proyek desain kapan saja. Setiap proyek Canva dapat diakses dan diedit secara online dari perangkat apa saja. 

4. Membuat Animasi GIF

Canva adalah alat yang bisa digunakan untuk membuat desain bergerak yang memukau. Efek-efek animasi instan yang tersedia dapat diterapkan pada teks, elemen desain, atau pada halaman desain. Tidak terbatas satu, Kita dapat membuat beberapa halaman desain untuk membuat animasi semisal stop motion. Desain bergerak yang dibuat di Canva dapat diunduh dalam format GIF atau MP4. 

5. Membuat quote dan wallpaper

Canva memiliki jutaan stok foto yang dipotret oleh profesional. Saat ini, Terdapat lebih dari 75 juta stok foto di Canva yang bisa dijadikan background quote, wallpaper hp maupun desktop.

Jumlah stok gambar terus bertambah karena perpustakaan foto dan gambar Canva terus diperbarui. Selain creator Canva yang terus meningkat jumlahnya, Canva juga telah membeli dua situs fotografi besar yakni Pexels dan Pixabay. 

6. Mengedit Foto

Dengan Canva, Kita dapat mengunggah dan mengedit foto dengan mudah; mulai dari memangkas (crop), mengubah ukuran (resize), mengatur bingkai (frame), membuat kolase foto, menerapkan filter foto, hingga menambahkan teks dan stiker.
 
Canva juga memiliki fitur editor foto yang sangat bermanfaat yakni Autofocus (mengatur titik fokus foto dan mengaburkan latar), Smartmockups (8000+ mockup untuk berbagai kebutuhan), dan Background remover (Menghapus background yang tidak diinginkan).

Photo Enhancer di Canva juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas foto seperti pencahayaan, kontras, saturasi, tingkat keburaman, dan banyak lagi. 

https://www.canva.com/photo-editor/

7. Mengedit Video

Secara spesifik, Canva adalah alat yang bisa digunakan sebagai Pemotong Video, Resize Video, Menggabungkan video, Mengkonversi video ke mp4, menambahkan audio, dan memotong area tonton video. 

Selain mengedit video milik sendiri, Kita juga bisa memakai template video Canva yang sudah ada, lalu memodifikasinya untuk membuat video yang menarik dalam waktu singkat. Canva juga menyediakan ribuan perpustakaan video yang bisa ditambahkan ke proyek yang kita buat. 

https://www.canva.com/id_id/pro/premium-video/

8. Membuat Presentasi

Sebagai alternatif dari powerpoint, Canva menyajikan sederet fitur canggih yang mampu menciptakan presentasi yang lebih menonjol bagi pendidik, atasan, karyawan, dan lain-lain. Selain dapat menampilkan presentasi secara real time, link presentasi dapat dibagikan dan diakses oleh audiens secara online.

9. Membuat desain bersama Tim

Kita dapat membuat tim di Canva dan mengundang banyak anggota ke tim. Baik untuk tim yang berada di tempat yang sama atau tersebar di seluruh dunia, Canva memungkinkan tim untuk mengerjakan desain dan berkolaborasi secara real-time. 

Dengan mengerjakan desain bersama, proses kerja kreatif dari tim akan lebih praktis. Setiap anggota tim juga dapat memberikan umpan balik, memberi tag, berbagi link desain, dan menyelesaikan pengeditan kapan saja, di mana saja, di perangkat apa pun.

Manajemen Konten di Canva juga memudahkan tim untuk mengatur dan menyimpan desain dalam folder online yang rapi. Kita juga dapat membuat template khusus untuk tim dan membagikan palet warna, font, serta logo brand untuk keperluan tim. 


10. Membuat ebook PDF

Fungsi Canva untuk membuat ebook bisa dimanfaatkan oleh para penulis dan pemilik minat pada produk digital. Pengguna Canva dapat membuat ebook dengan tampilan visual yang menarik dan sesuai brand yang dimiliki.

11. Membuat Website

Membuat website tidak lagi harus dengan skill coding. Kita dapat membuat website dan landing page dengan cepat di Canva. Bahkan kita bisa mengatur alamat website menggunakan domain .com di Canva dengan harga yang terjangkau.


Cara Menggunakan Canva:

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Canva:

1. Akses Aplikasi atau Situs Canva

Canva tersedia dalam versi aplikasi yang bisa diinstall melalui Google Play Store maupun App Store. Namun, untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, disarankan mengakses Canva melalui browser di alamat Canva.com.

2. Log in Akun Canva

Sebelum membuat desain, kita perlu memiliki akun Canva terlebih dahulu. Jika sudah memiliki akun, kita dapat langsung klik “Log in” dan memasukkan email dan password yang terdaftar.

Namun, jika belum pernah menggunakan dan memiliki akun Canva sebelumnya, klik pada tulisan “Sign up” untuk mendaftar. Kita bisa menggunakan akun email Google atau menggunakan alamat email yang lain saat pendaftaran. 

3. Pilih Template

Setelah berhasil masuk akun Canva, kita bisa mulai memilih template desain sesuai kebutuhan. Pilih kategori desain yang ingin dibuat; poster, logo, business card, atau yang lain. Kita juga bisa mencari template desain logo pada kotak pencarian untuk mendapatkan template yang lebih spesifik. Contoh: poster pendidikan, logo makanan, infogafis lingkungan hidup, dll.

Canva akan memberikan banyak pilihan template, baik gratis maupun premium atau berbayar. Pilih template yang paling sesuai dengan kebutuhan kemudian lanjut ke langkah selanjutnya. 

4. Modifikasi Template Desain dan Berkreasi

Langkah selanjutnya adalah mengedit template yang sudah dipilih. Kita bisa mengubah warna desain yang sudah ada sebelumnya, mengganti jenis font, serta menambahkan teks dan juga gambar. Semua opsi tersebut bisa dipilih melalui tab di bagian kiri dan atas halaman web.

Jika berubah pikiran dan ingin mengubah jenis desain, kita juga bisa mencari template baru. 

Selain template, Canva juga menyediakan berbagai jenis ikon, stiker, vektor, hingga filter yang bisa digunakan untuk desain. Namun, beberapa layanan tersebut hanya disediakan untuk Canva berbayar.

5. Download dan Share Hasil Desain 

Langkah terakhir adalah mengunduh atau membagikan desain yang sudah selesai dibuat. Jika kita sudah merasa cukup puas dengan hasil desain, kita bisa memilih untuk mengunduh langsung atau membagikannya. Caranya adalah dengan klik pada tulisan “Share” yang ada di pojok kanan atas halaman web. 

Kita bisa melakukan share link desain untuk melakukan kolaborasi dengan teman. Selain itu, kita juga dapat membagikannya melalui berbagai platform, seperti WhatsApp, Pinterest, dan Telegram. 

Jika kita ingin mengunduh langsung hasil desain logo, klik pada tulisan “Download”. Canva memberikan berbagai pilihan format file yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Contohnya adalah JPG, PNG, PDF, MP4 Video, dan juga GIF. 

sumber : hurufa.com


Posting Komentar

0 Komentar