Penjelasan Program:
program LuasPersegi;
: Mendefinisikan nama program.var
: Mendeklarasikan variabel.sisi: integer;
: Variabelsisi
akan menyimpan panjang sisi persegi, bertipeinteger
(bilangan bulat).luas: integer;
: Variabelluas
akan menyimpan hasil perhitungan luas, bertipeinteger
.
begin
: Menandai awal dari blok program utama.writeln('Program Menghitung Luas Persegi');
danwriteln('------------------------------');
: Menampilkan judul program di layar.write('Masukkan panjang sisi persegi: ');
: Menampilkan pesan yang meminta pengguna untuk memasukkan panjang sisi.write
tidak menambahkan baris baru setelah pesannya.readln(sisi);
: Membaca input dari pengguna dan menyimpannya ke dalam variabelsisi
.luas := sisi * sisi;
: Melakukan perhitungan luas persegi (sisi dikalikan sisi) dan menyimpan hasilnya ke dalam variabelluas
.writeln('Luas persegi adalah: ', luas);
: Menampilkan hasil perhitungan luas ke layar.readln;
: Ini penting untuk program konsol. Fungsinya adalah menahan layar output agar tidak langsung tertutup setelah program selesai berjalan, sehingga pengguna bisa melihat hasilnya. Tanpa ini, program akan langsung keluar setelah menampilkan luas.end.
: Menandai akhir dari blok program utama. Tanda titik (.
) di akhir sangat penting.
0 Komentar